CSR di Kabupaten Bogor

Pengelolaan Corporate Sosial Responsibiliy – CSR di Kabupaten Bogor belum maksimal untuk pembangunan masyarakat.

Juni 29, 2011

sumber

Banyaknya perusahaan besar di Kabupaten Bogor harus bisa membawa kemakmuran bagi warga setempat, pasalnya perusahaan itu melakukan kegiatan mengeruk alam untuk keuntungan semata.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bogor M Romli mengatakan , saat ini banyak perusahaan yang belum mengalirkan Corporate Sosial Responsibility – CSR dengan maksimal, terbukti belum adanya data jumlah  perusahaan yang telah mengucurkan CSR untuk masyarakat.  Salah satu daerah yang harus mendapat perhatian – Kecamatan Rumpin yang  banyak menyimpan potensi pertambangan tetapi kehidupan masyarakatnya  masih jauh dari makmur. Selama ini CSR yang diserahkan  belum terkonsep secara jelas karena tidak ada lembaga resmi yang mengatur. Seharusnya CSR yang diberikan lebih terarah,  bukan hanya sekedar bantuan seremonial, tetapi ditekankan pada pembenahan pembangunan di sekitar lokasi perusahaan, seperti  membangun sekolah dan insfraktur jalan.  Menurut M. Romli jarang sekali ada perusahaan yang tergerak mengucurkan CSR ke arah itu.

Menyikapi kondisi itu Bupati Bogor Rahmat Yassin menjelaskan untuk kebijakan pemberian CSR sepenuhnya ada pada kebijakan direksi, sehingga Pemda Kabupaten Bogor terus melakukan pendekatan kepada perusahaan besar agar mau memberikan CSR ke wilayah Bumi Tegar Beriman.

Sedangkan Forum CSR diakui Rahmat Yassin memang belum ada di tingkat Propinsi Jawa Barat, selain itu pihaknya tetap mendorong pusat yang mempunyai kewenangan  agar mengatur CSR hingga ke pelosok desa.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s